Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran seni budaya dan prakarya berbasis budaya lokal terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis budaya lokal dan kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis budaya lokal secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa. Peningkatan ini terlihat pada semua indikator kreativitas yang diukur, yaitu kemampuan berpikir divergen, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran seni budaya dan prakarya berbasis budaya lokal terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis budaya lokal dan kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis budaya lokal secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa. Peningkatan ini terlihat pada semua indikator kreativitas yang diukur, yaitu kemampuan berpikir divergen, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi.
Copyrights © 2024