Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran musik terhadap pengembangan kreativitas siswa di sekolah dasar. Kreativitas adalah kemampuan penting yang mempengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional siswa, serta berperan dalam membantu mereka memecahkan masalah secara inovatif dan berpikir divergen. Musik sebagai bagian dari seni memiliki potensi besar dalam merangsang kreativitas melalui eksplorasi bunyi, ritme, dan improvisasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 4 di sebuah sekolah dasar dan seorang guru musik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi proses pembelajaran musik, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil karya musik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran musik berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kreativitas siswa. Aktivitas-aktivitas seperti improvisasi, penciptaan lagu, dan eksplorasi ritme memfasilitasi siswa untuk berpikir secara orisinal, fleksibel, dan fluens dalam mengembangkan ide-ide baru. Selain itu, suasana belajar yang menyenangkan melalui musik juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap perkembangan kreativitas mereka. Guru memainkan peran penting dalam memberikan kebebasan kepada siswa untuk bereksplorasi dan berekspresi melalui musik, yang memperkuat hubungan antara musik dan kreativitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran musik di sekolah dasar efektif dalam mendukung pengembangan kreativitas siswa. Oleh karena itu, pembelajaran musik perlu diintegrasikan secara lebih intensif dalam kurikulum sekolah dasar sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kreativitas siswa jenjang Pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Kubu Raya. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk melihat pengaruh jangka panjang pembelajaran musik terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024