Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam menunjang proses pembelajaran. Seorang pendidik harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penggunaan Media visual berupa herbarium book adalah salah cara yang bisa dilakukan. Media pembelajaran herbarium book mampu membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas pengunaan herbarium book sebagai media pembelajaran pada materi bangun daun terhadap hasil belajar mahasiswa semester 3 Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Jenis penelitian penelitian ini adalah Quasi exsperiment. Rancangan yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiwa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UPP. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 3 Pendidikan Biologi FKIP UPP yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan beda rerata Wilcoxon dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Uji Wilcoxon memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai mean pretest sebesar 26,04 dan mean posttest sebesar 68,79 maka H0 ditolak dan Ha diterima . Artinya, media herbarium book efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024