Kecemasan yang sering dialami oleh mahasiswa terkait dengan praktek klinik keperawatan, seperti merasa cemas tentang hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, misalnya berpindah lokasi dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Untuk mengatasi kecemasan individu bisa menggunakan mekanisme koping yang berfokus pada masalah, kognitif, dan emosi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan kecemasan pada mahasiswa profesi ners. Metode yang digunakan yaitu cross sectional, dengan uji statistik menggunakan spearman rank. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dengan jumlah 86 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme koping responden sebagian besar berada pada kategori Adaptif dengan jumlah responden 58 orang (67,4%) dan tingkat kecemasan dalam kategori normal dengan jumlah 76 orang (88,4%). Analisa bivariat dengan menggunakan spearmen’s rho antara mekanisme koping dengan kecemasan pada mahasiswa profesi ners dengan nilai p= 0,000 nilai r= 0,510 dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara mekanisme koping dengan kecemasan dan keeratan hubungan sedang. Direkomendasikan pada mahasiswa diharapkan tetap menerapkan mekanisme koping ke arah yang postif dalam menghadapi kecemasan pada saat melaksanakan praktik keperawatan. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengetahui variabel lain yang paling mempengaruhi kecemasan mahasiswa dan mekanisme koping yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti konsep diri, dukungan sosial dan self efficacy Anxiety often experienced by students related to nursing clinical practice, such as feeling anxious about new things they have never done before, for example, moving from one location to another. To cope with anxiety, individuals can use problem-focused, cognitive, and emotional coping mechanisms. The purpose of this research is to determine the relationship between coping mechanisms and anxiety among nursing students. The method used is cross-sectional, with statistical testing using the Spearman rank. The sampling technique used is convenience sampling with a total of 86 respondents. The research results show that the coping mechanisms of the respondents are mostly in the Adaptive category, with 58 respondents (67.4%) and the anxiety level in the normal category with 76 respondents (88.4%). Bivariate analysis using Spearman's rho between coping mechanisms and anxiety in nursing students with a p-value of 0.000 and an r-value of 0.510 concludes that there is a significant relationship between coping mechanisms and anxiety, with a moderate strength of relationship. It is recommended that students continue to apply positive coping mechanisms in dealing with anxiety during nursing practice. For future research, it is hoped that this study can be used as a reference to identify other variables that most influence student anxiety and coping mechanisms not examined in this study, such as self-concept, social support, and self-efficacy.
Copyrights © 2024