Anterior Jurnal
Vol. 23 No. 3 (2024): Anterior Jurnal

Potensi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Untuk Membangun Karakter Peserta Didik: The Potential of Local Wisdom in Language and Literature Learning to Build Student Character

Widiastuti, Rahma (Unknown)
Faizah, Hasnah (Unknown)
Elmustian, Elmustian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengulas pentingnya integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa dan sastra sebagai upaya menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Konteks pendidikan kontemporer menyoroti perlunya mempertahankan nilai-nilai tradisional dan karakter di tengah-tengah globalisasi yang berpotensi mengikis warisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki potensi infiltrasi kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa dan sastra sebagai sarana untuk mengembangkan karakter siswa, sekaligus menjawab kebutuhan akan pendekatan pendidikan holistik. Metode penelitian dilakukan melalui systematic literature review menggunakan panduan PRISMA dengan fokus pada tren pembelajaran berbasis kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan minat dalam topik ini, namun implementasi kearifan lokal dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra masih tergolong minim. Temuan menarik melalui visualisasi overlay menunjukkan potensi besar bagi penelitian selanjutnya untuk lebih mendalami implementasi kearifan lokal sebagai sarana penanaman nilai dan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra di Indonesia. Rekomendasi meliputi penggalian lebih dalam tentang kearifan lokal, integrasinya secara signifikan dalam kurikulum, pelatihan bagi guru, serta desain strategi pembelajaran yang kreatif dan relevan dengan budaya lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anterior

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

The publication of Anterior Jurnal certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 9 articles consisting of Education, ...