Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas
Vol 5, No 2 (2024): November

Pengaruh Media Puzzle Isi Piringku Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Asupan Energi, Dan Status Gizi Pada Siswa Kelas 4 dan 5 SDN 21 Banawa Selatan

Aulia Rakhman (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Mifta Huljannah (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Devi Nadila (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Ummu Aiman (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Hijrah Hijrah (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Nurulfuadi Nurulfuadi (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
St. Ika Fitrasyah (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Ariani Ariani (Program Studi Gizi, Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Anak usia sekolah merupakan periode usia dengan kondisi pengetahuan anak bertambah pesat yang dipengaruhi oleh faktor asupan sehari-hari yang memiliki kandungan zat gizi yang beragam dan sesuai kebutuhan tubuh anak. Pendidikan merupakan proses edukasi untuk membantu memperbaiki status gizi anak, yang menggunakan media puzzle sebagai media edukasi dengan konsep praktis, efektif dan efisien dengan tujuan untuk menarik minat belajar anak usia sekolah serta meningkatkan kekuatan interaksi yang informatif dan juga edukatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh media puzzle terhadap peningkatan pengetahuan isi piringku, asupan energi dan status gizi IMT/U pada siswa kelas 4 dan 5 SDN 21 Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain Quasi Eksperiment With Control Group dengan pemberian intervensi pada kelompok eksperimen. Jumlah populasi yaitu 40 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuisioner pengetahuan gizi, kuisioner Recall 24 jam dan pengukuran status gizi (IMT/U). Analisis data menggunakan uji Paired t-test dan uji Independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap pengetahuan siswa setelah diberikan edukasi menggunakan media puzzle isi piringku (p-value 0,000), tetapi tidak ada pengaruh pada asupan energi (p-value 0,368) dan status gizi (p-value 0,277). Media puzzle isi piringku dapat direkomendasikan sebagai media komunikasi yang efektif karena bersifat praktis dan informatif serta mudah dipahami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JGKP

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

This journal publishes articles and reviews with focus and scope i.e occupational nutrition, clinical nutrition and dietetics, community nutrition, management of food services, sports nutrition, nutrition and productivity, education, and promotion of health and ...