Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
Vol 5 No 1 (2024): Juli-Desember

Relationship Marketing dalam Lembaga Pendidikan Islam

Sumarno, Sumarno (Unknown)
Hadijah, Hadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Perkembangan dan perubahan pada lembaga pendidikan menjadikan persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat dan terarah. Persaingan ini mengharuskan lembaga pendidikan berupaya menjadi lembaga pendidikan yang kreatif, inovatif, dan bisa menggali kemudian mengembangkan keuggulan dan keunikannya agar bisa menarik minat pelanggan jasa pendidikan. Keberminatan peserta didik terhadap suatu lembaga pendidikan identik dengan kepuasan yang diperolehnya mengenai pelayanan yang diberikan. Salah satu cara mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan membangun hubungan (relationship) dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relationship marketing dalam lembaga pendidikan Islam, dan menganalisis tujuan, manfaat dan komponen dari relationship marketing. serta menambah literatur terkait ilmu pemasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif yang serangkaian kegiatannya berkenaan dengan metode mengumpulkan, membaca, mencatat data pustaka kemudian mengelolah bahan penelitian dan menyimpulkan hasilnya. Relationship marketing dalam pendidikan Islam memiliki empat konsep, yaitu Islamic ethical behaviour, social bonds, structural bonds, financial bonds.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadribunajournals

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam ...