Perkembangan dan perubahan pada lembaga pendidikan menjadikan persaingan antar lembaga pendidikan semakin ketat dan terarah. Persaingan ini mengharuskan lembaga pendidikan berupaya menjadi lembaga pendidikan yang kreatif, inovatif, dan bisa menggali kemudian mengembangkan keuggulan dan keunikannya agar bisa menarik minat pelanggan jasa pendidikan. Keberminatan peserta didik terhadap suatu lembaga pendidikan identik dengan kepuasan yang diperolehnya mengenai pelayanan yang diberikan. Salah satu cara mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan membangun hubungan (relationship) dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relationship marketing dalam lembaga pendidikan Islam, dan menganalisis tujuan, manfaat dan komponen dari relationship marketing. serta menambah literatur terkait ilmu pemasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif yang serangkaian kegiatannya berkenaan dengan metode mengumpulkan, membaca, mencatat data pustaka kemudian mengelolah bahan penelitian dan menyimpulkan hasilnya. Relationship marketing dalam pendidikan Islam memiliki empat konsep, yaitu Islamic ethical behaviour, social bonds, structural bonds, financial bonds.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024