Jurnal Lentera Kesehatan Masyarakat (JLKM)
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Lentera Kesehatan Masyarakat

Literature Review: Analisis Kepuasan Pasien di Fasilitas Kesehatan Dengan Metode Service Quality

Amanda, Amelia (Unknown)
Andarini , Desheila (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator yang penting untuk meningkatkan kualitas layanan di fasilitas rumah sakit. Pasien yang merasa puas dengan layanan rumah sakit akan berdampak baik terhadap citra rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis 5 dimensi kualitas layanan yaitu Kehandalan (Realibility), daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), empati (Emphaty), dan bukti fisik (Tangible) terhadap kepuasan pasien di fasilitas kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Hasil dari penelitian ini mayoritas seluruh artikel menyebutkan dimensi Servqual ini berdampak positif terhadap kepuasan pasien. Saran yang diberikan berdasarkan hasil literature review yang terkait dengan dimensi kualitas layanan yaitu pihak rumah sakit harus melakukan tarining atau pelatihan kepada tenaga kesehatan, melakukan pengamatan serta evaluasi secara berkala mengenai kepuasan pasien dengan menggunakan metode Service Quality di fasilitas pelayanan kesehatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jlkm

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Lentera Kesehatan Masyarakat (JLKM) is a scientific journal that focuses on the science of Public Health. This journal contains Health Editorials, Literature Reviews, and Research Results in the field of public health such as Environmental Health, Occupational Health and Safety (OHS), Health ...