Jurnal Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-ALAQ AYAT 1-5 AYAT 1-5 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Hariadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini yang dikenal dengan era globalisasi membawa perubahan pada berbagai dimensi kehidupan manusia, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, agama dan pendidikan. Perubahan tersebut diwujudkan dengan meningkatnya mutu pendidikan, baik dalam perbaikan program, media, maupun metode pengajaraan. Dalam Pendidikan Agama Islam Membaca dan membaca Al-Qur'an merupakan aspek yang sangat penting. Namun dalam praktiknya, banyak pelajar dan masyaraakat yang kesulitan dalam membaca dan membaca dengan benar ayat 1 sampai 5 Surat Al-Alak. Kesulitan tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, antaraa lain kurangnya kemampuan membaca Al-Qur'an, terbatasnya kemampuan membacakonteks ayat, dan metode pembelajaraan yang tidak efektif. Media audiovisual, seperti video instruksional, rekaman audio, dan presentasi multimedia, menawarkan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik dibandingkan metode tradisional. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Surah Al-Alaq ayat 1-5 pada siswa kelas III SD Negeri 053960 Maryke Kecamatan Kutambaru dengan menggunakan media audio visual. Hasil ini menunjukkan bahwa Penggunaan audio visual mampu meningkatkan kemampuan membacasiswa materi Surah Al Alaq 1- 5 di kelas III SD Negeri 053960 Maryke Kecamatan Kutambaru dan permbelajaraan berjalan dengan baik karena tingkat kemampuan membacasiswa materi Surah Al Alaq 1- 5 anak juga ikut meningkat. Keberhasilan pembelajaraan yang dilakukan dengan menggunakan kegiatan Penggunaan audio visual mencapai hasil yang baik dengan persentase 80 % siswa kelas III SD Negeri 053960 Maryke Kecamatan Kutambaru meningkat kemampuan membaca siswa materi Surah Al Alaq 1- 5 nya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alittihadu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Al Ittihadu adalah jurnal akses terbuka double-blind, peer-review, di Zona Pendidikan Islam. Jurnal Al Ittihadu dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik untuk membahas isu-isu saat ini dan masa depan tentang pendidikan Islam. Fokus pada pemberian ...