Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini yang dikenal dengan era globalisasi membawa perubahan pada berbagai dimensi kehidupan manusia, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, agama dan pendidikan. Perubahan tersebut diwujudkan dengan meningkatnya mutu pendidikan, baik dalam perbaikan program, media, maupun metode pengajaraan. Dalam Pendidikan Agama Islam Membaca dan membaca Al-Qur'an merupakan aspek yang sangat penting. Namun dalam praktiknya, banyak pelajar dan masyaraakat yang kesulitan dalam membaca dan membaca dengan benar ayat 1 sampai 5 Surat Al-Alak. Kesulitan tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, antaraa lain kurangnya kemampuan membaca Al-Qur'an, terbatasnya kemampuan membacakonteks ayat, dan metode pembelajaraan yang tidak efektif. Media audiovisual, seperti video instruksional, rekaman audio, dan presentasi multimedia, menawarkan pendekatan yang lebih interaktif dan menarik dibandingkan metode tradisional. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Surah Al-Alaq ayat 1-5 pada siswa kelas III SD Negeri 053960 Maryke Kecamatan Kutambaru dengan menggunakan media audio visual. Hasil ini menunjukkan bahwa Penggunaan audio visual mampu meningkatkan kemampuan membacasiswa materi Surah Al Alaq 1- 5 di kelas III SD Negeri 053960 Maryke Kecamatan Kutambaru dan permbelajaraan berjalan dengan baik karena tingkat kemampuan membacasiswa materi Surah Al Alaq 1- 5 anak juga ikut meningkat. Keberhasilan pembelajaraan yang dilakukan dengan menggunakan kegiatan Penggunaan audio visual mencapai hasil yang baik dengan persentase 80 % siswa kelas III SD Negeri 053960 Maryke Kecamatan Kutambaru meningkat kemampuan membaca siswa materi Surah Al Alaq 1- 5 nya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025