Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER

PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122384 PEMATANGSIANTAR

Dini Ayu Rajagukguk (Unknown)
Eva Pasaribu (Unknown)
Lisbet Novianti Sihombing (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar IPA V UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan menggunakan rancangan One Group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar pada siswa kelas V dengan jumlah sampel 28 siswa dan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi, pretest dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data menggunakan uji t terdapat pengaruh yang signifikan dari data yang sudah di uji dari analisis data diperoleh hasil rata - rata pre-test (52.86) dan post-test (80.71) berdasarkan penelitian tersebut dapat diberi kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu dengan kenaikan sebesar 52.86%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...