Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar IPA V UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan menggunakan rancangan One Group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122384 Pematangsiantar pada siswa kelas V dengan jumlah sampel 28 siswa dan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi, pretest dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data menggunakan uji t terdapat pengaruh yang signifikan dari data yang sudah di uji dari analisis data diperoleh hasil rata - rata pre-test (52.86) dan post-test (80.71) berdasarkan penelitian tersebut dapat diberi kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu dengan kenaikan sebesar 52.86%.
Copyrights © 2024