Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V UPTD SD Negeri 122371 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experiment Desain. Subjek penelitian pada V UPTD SD Negeri 122371 Pematangsiantar dengan jumlah siswa 10 siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan penelitian yaitu One-Group Prestest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Dokumentasi dan Test. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan Hasil analisis uji paired sample test yaitu thitung 18,103 > ttabel 2,109. Dalam hal ini H0 ditolak dan Ha diterima yang menyimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPAS kelas V UPTD SD Negeri 122371 Pematangsiantar. Nilai rata-rata Ngain Score sebesar 0,74 dan Rata-rata nilai N-Gain Persen sebesar 74,45 %. Dari uji tersebut juga didapat nilai ngain score minimum yaitu 0,50 dan nilai N-Gain score maksium yaitu 0,91. Berdasarkan kriteria pengelompokan N-Gain diketahui bahwa bahwa nilai N-Gain score masuk dalam kategori tinggi, sehingga ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya Terdapat Pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPAS kelas V UPTD SD Negeri 122371 Pematangsiantar.
Copyrights © 2024