Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 6 (2024)

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan IPA Menggunakan Model Bantu di Sekolah Dasar

Mahmudah, Nadia (Unknown)
Amberansyah, Amberansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Permasalahn dalam temuan adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis aktivitas, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Metode penelitian menggunakan PTK. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Kelayan Timur 6 Banjarmasin sebanyak 4 kali pertemuan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis ditampilkan dengan tabel, grafik, dan interprestasi dengan presentase. Hasil ini memperlihatkan kalau aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat skor 25, hingga meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 32. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 persentase 43%, sampai pertemuan 4 memperoleh persentase 100%. Adapun keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 100%. Sehingga aktivitas guru, aktivitas peserta didik, keteramilan berpikir kritis, dan hasil belajar dalam melaksanakan pembelajaran IPA menggunakan model BANTU dapat terlaksana dengan baik dan meningkat pada setiap pertemuannya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...