Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Pemilahan Sampah untuk Mendidik Anak dengan Metode Analisis Faktor

Nurhayati, Ai (Unknown)
Saepudin, Saepudin (Unknown)
Rivai, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Jenis sampah bisa dibedakan menjadi organik dan anorganik. Sampah organik masih bisa dimanfaatkan dengan cara mengubahnya menjadi pupuk kompos menggunakan komposter. Permasalahan yang dihadapi oleh petugas sampah adalah kesulitan memisahkan sampah kotor campuran yang basah untuk dipisahkan menjadi dua jenis kategori sampah organik dan anorganik. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah tugas memilah sampah bagi petugas sampah keliling. Dalam rangka memudahkan petugas pemungut sampah, sebaiknya setiap kepala keluarga sudah memisahkan karung sampah organik dan anorganik. Untuk mempermudah kepala keluarga dalam memilah sampah, sebaiknya anak-anak mendapatkan pendidikan tentang memilah sampah dengan benar agar dapat tepat membuang sampahnya ke dalam tempat sampah organik dan anorganik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rekognisi dan filterisasi jenis sampah melalui metode analisis faktor. Pengenalan sampah organik dan anorganik pada anak-anak Sekolah Dasar serta pemisahan tempat sampah organik dan anorganik mutlak diperlukan agar lingkungan lebih tertata rapi. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi anak dalam memilah sampah yaitu faktor kepribadian dan faktor kesempatan. Penerapan dari hasil penelitian ini adalah anak-anak jadi lebih paham cara mengenali sampah jenis organik dan anorganik. Pemisahan tempat sampah organik dan anorganik dapat mempermudah dan mempercepat kinerja petugas sampah dalam mengumpulkan sampah organik dan anorganik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...