Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 6 (2024)

Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Fitrianto, MUhammad Aziz (Unknown)
Maisaroh, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena terdapat siswa yang mempunyai motivasi belajar lebih sedikit dan kurang disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan kedisiplinan belajar siswa kelas V se-gugus 3 Seyegan Sleman, serta dampak motivasi terhadap kedisiplinan belajar. Penelitian dilakukan di lima SD se-gugus 3 Seyegan Sleman dengan responden siswa Kelas V Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian kuantitatif survey, dengan populasi 155 siswa. Sampel 108 siswa ditentukan menggunakan teknik Krejcie dan Morgan dengan taraf 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling, dan analisis data memakai Uji Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan uji penelitian, Motivasi Belajar (X) termasuk kategori baik dengan persentase 85,2%, dan Kedisiplinan Belajar (Y) termasuk kategori baik dengan persentase 64,8%. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linier sederhana X terhadap Y dengan persamaan Y = 36,784 + 0,390X. Jika motivasi belajar (X) = 0, maka nilai kedisiplinan belajar (Y) sebesar 0,390. Hasil dianalisis uji t, didapati Thitung sebesar 4,825 dan Ttabel sejumlah 1,985. Karena nilai Thitung (4,825) > Ttabel (1,985), dinyatakan bahwa pengaruh motivasi belajar (X) terhadap kedisiplinan belajar (Y). Nilai signifikansi adalah 0,00 < 0,05, oleh karenanya dapat dikonklusikan bahwa ada pengaruh motivasi belajar (X) terhadap kedisiplinan belajar (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...