Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 6 (2024)

Realitas dan Efektivitas: Evaluasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I FKIP Untirta Tahun 2024

Solihat, Ilmi (Unknown)
Guntoro, Dede Tri (Unknown)
Fathurrohman, Maman (Unknown)
Anriani, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Evaluasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I FKIP Untirta Tahun 2024 dilakukan untuk menilai efektivitas dan dampak program terhadap persiapan mahasiswa dalam menghadapi realitas dunia pendidikan di sekolah. Program ini rutin dilakukan setiap semester genap. Tujuan evaluasi Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I FKIP Untirta Tahun 2024 adalah untuk mengukur keberhasilan program dalam memperkenalkan mahasiswa pada praktik pendidikan di sekolah. Evaluasi program ini menggunakan metode CSE-UCLA untuk menganalisis efektivitas program berdasarkan perspektif mahasiswa, pengajar, dan pihak sekolah dalam mendukung pengembangan kompetensi calon pendidik. Penelitian evaluasi program ini dilaksanakan di FKIP Untirta tahun 2024 semester genap. Sumber data diperoleh dari nilai yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah melalui rubrik penilaian yang tersedia dan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa, serta sekolah mitra. Hasil penelitian rata-rata nilai untuk observasi yakni 88,90, rata-rata nilai presentasi laporan PLP I dan Poster yakni 85, dan rata-nilai laporan PLP I yakni 87,45. Rata-rata nilai ini jika merujuk kriteria keberhasilan program diartikan keberhasilan baik karena mencapai 87%. Implikasi menunjukkan program ini berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi realitas dan efektivitas pendidikan dan mampu merancang pembelajaran yang relevan untuk siswa di masa depan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...