Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 1 (2025): February

Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar

Zahra, Adenin Rahmalia (Unknown)
Sukma, Hanum Hanifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Minimnya variasi media pembelajaran berdampak pada minat belajar serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang menggunakan metode penelitian ADDIE yang melalui 5 tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya data kualitas video pembelajaran berdasarkan para ahli sebesar 85 oleh ahli media dalam kategori “Sangat Baik”, 95 oleh ahli materi dalam kategori “Sangat Baik”, 75 oleh ahli pembelajaran dalam kategori “Baik”, dan 80 oleh ahli bahasa dalam kategori “Baik”. Sedangkan data hasil respon oleh guru mendapat nilai 87.5 dalam kategori “Sangat Baik” dan nilai 87.6 berdasarkan rata-rata respon siswa dalam kategori “Sangat Baik”. Sedangkan pada uji efektivitas, menunjukkan nilai rata-rata pre-test 60.4 dan post-test 82.3 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil daripada nilai 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran materi Sistem Pernapasan Manusia dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Muhammadiyah Bleber

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...