Sekolah alam menawarkan pendekatan unik dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui model dan metode pembelajaran yang tertanam di lingkungan alam, sehingga melahirkan generasi yang berintegritas, bertanggungjawab, dan berempati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan model kurikulum sekolah alam yang efektif untuk Pendidikan karakter pada anak usia dini. Masa kanak-kanak sebagai Langkah pertama dalam Pendidikan alamiah dan pengembangan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk menganalisis praktik pembelajaran yang ada di sekolah alam Indonesia. Suatu Teknik pengumpulan data dan memperoleh landasan teoritis melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ramah anak di sekolah alam mengutamakan pengembangan kepribadian, terutama Pendidikan kognitif, dan akademik. Kami membantu siswa memahami dan mempraktikkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan cinta lingkungan. Sekolah alam merupakan model pembelajaran inovatif yang memanfaatkan keunikan alam sebagai ruang belajar yang relevan dengan pengembangan kepribadian pada anak usia dini. Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kepribadian di sekolah alam
Copyrights © 2025