Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang dapat dicapai dengan menggunakan strategi atau pendekatan dalam pembelajaran, salah satunya adalah pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) pada materi luas permukaan terhadap kemampuan representasi matematis yang ditinjau dari hasil penyelesaian LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik). Subjek penelitian terdiri dari siswa SMP yang belum pernah mendapatkan materi luas permukaan bangun ruang sisi datar, terutama untuk bangun ruang balok dan prisma. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) berbasis RME (Realistic Mathematics Education) yang digunakan telah sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME sebagaimana yang dikemukakan oleh Gravemeijer. Kesesuaian LKPD dengan karakteristik RME dapat ditunjukkan dari hasil jawaban siswa saat menyelesaikan LKPD secara berkelompok. LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) tersebut juga dapat mendorong kemampuan representasi matematis siswa yang terdiri dari tiga indikator, yaitu representasi visual, verbal, dan simbolik. Sehingga LKPD berbasis RME yang diimplementasikan pada materi luas permukaan mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa.
Copyrights © 2025