Pendahuluan: Evidence-Based Practice (EBP) berdampak positif dalam kualitas pelayanan kesehatan khususnya lingkup Keperawatan Medikal Bedah (KMB). Pemahaman tentang konsep EBP dibutuhkan mulai dari jenjang akademik agar mahasiswa dapat dibekali ilmu yang memadai saat praktik dan menjadi tenaga perawat yang kompeten di unit/fasilitas pelayanan kesehatan. Intervensi klub jurnal online secara interaktif (Online Journal Club - Based Student-led Intervention) dapat menjadi salah satu strategi pencapaian peningkatan kompetensi EBP sebagai metode pembelajaran berbasis grup khususnya bagi mahasiswa Keperawatan di Indonesia. Tujuan: menganalisis pengaruh Online Journal Club terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa keperawatan tentang EBP. Metode: Desain studi Quasi Experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Total sampel sebanyak 277 responden dengan jumlah masing-masing kelompok intervensi 146 responden dan kontrol 131 responden. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 minggu. Uji statistik yang digunakan dalam studi ini Mann Whitney Test. Hasil: Gambaran skor penilaian mandiri kompetensi EBP sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada kelompok perlakuan berturut-turut dengan rerata 47.39 dan 52.70 sedangkan gambaran skor penilaian mandiri kompetensi EBP pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah intervensi nilai rerata yang diperoleh berturut-turut yaitu 47.82 dan 47.46. Analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan signifikan skor penilaian mandiri kompetensi EBP pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai p 0.001. Kesimpulan: terdapat pengaruh Online Journal Club terhadapĀ peningkatan kompetensi mahasiswa Sarjana Keperawatan tentang EBP, diharapkan pendekatan klub jurnal secara interaktif ini dapat menjadi alternatif tambahan metode pembelajaran di akademik
Copyrights © 2024