JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD
Vol 6, No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Cahaya Paud (Edisi November)

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Pengembangan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di TK Cermat

Erna, Awanda (Unknown)
Ilyas, Sitti Nurhidayah (Unknown)
Bafadal, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Kemampuan konsentrasi merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran dan pencapaian prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dapat meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini di TK Cermat, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak adalah penggunaan metode demonstrasi melalui media origami. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu observasi, wawancara serta program intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan demonstrasi dengan menggunakan media origami dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini di TK Cermat. Ditemukan peningkatan dalam kemampuan anak untuk mempertahankan fokus perhatian, mengikuti petunjuk, dan menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cahayapd

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah jurnal hasil penelitian lapangan, studi teoritis, ide-ide kreatif-inovatif, solutif, untuk masalah pendidikan anak usia dini dan pengembangan pengetahuan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud adalah Jurnal bidang ke-paud-an yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak ...