Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi aspek moral agama dan dampaknya terhadap perkembangan karakter anak di Kelompok B TK Runiah School Mariso Kecamatan Mariso. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang digunakan yaitu deskriptif lapangan digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana nilai aspek dari moral agama diterapkan dalam konteks pendidikan anak usia dini di sekolah tersebut. Data disatukan melalui observasi, wawancara dengan pendidik, dan orang tua anak-anak, serta analisis dokumen seperti kurikulum pendidikan agama dan catatan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aspek moral agama memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan karakter anak, termasuk pembentukan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Faktor-faktor seperti kontribusi orang tua, partisipasi aktif dalam aktivitas keagamaan, dan teladan yang ditetapkan oleh pendidik sangat berpengaruh peran penting dalam membentuk karakter anak. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan karakter yang holistik dan kolaboratif antara pihak lembaga sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan karakter anak yang bertanggung jawab dan bermoral. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan kemanfaatan dalam pemahaman lebih lanjut tentang peran moral agama dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan dasar untuk perbaikan praktik pendidikan karakter di TK Runiah School Mariso serta institusi pendidikan serupa lainnya.
Copyrights © 2024