Literasi informasi memiliki peran penting dalam lingkup perpustakaan perguruan tinggi. Literasi Informasi menjadi dasar bagi setiap sivitas akademik dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Dalam hal ini, perpustakaan perguruan tinggi dapat mengembangkan perannya dengan menyediakan berbagai program literasi, salah satunya adalah kelas literasi. Penelitian ini berfokus pada pembahasan layanan kelas literasi yang telah dijalankan pada Perpustakaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini bermanfaat untuk menganalisis kegiatan literasi informasi perpustakaan sesuai dengan harapan pemustakanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan kelas literasi informasi di Perpustakaan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memberikan manfaat yang baik bagi pesertanya, sehingga peserta kelas literasi merasa terbantu dalam proses menelusuri informasi yang dapat digunakan untuk kegiatan perkuliahan seperti menulis karya ilmiah dan penyusunan tugas akhir.
Copyrights © 2025