Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis terkait komunikasi politik partai Gerindra Kabupaten Sidoarjo terhadap pemilih muda gen Z Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada komunikasi partai Gerindra Kabupaten Sidoarjo terhadap Gen Z. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa indikator komunikasi politik yang dikemukakan oleh Wahid yang terdiri dari komunikasi, pesan,media, khalayak, dan efek pesan telah sesuai dengan kenyataan dilapangan. Akan tetapi, partai Gerindra Kabupaten Sidoarjo masih memiliki hambatan dalam melakukan sosialisasi, seperti masih ada beberapa daerah di Sidoarjo yang mengalami kendala susah jaringan. Sehingga, anggota partai maupun tim sukses harus turun ke desa-desa yang susah jangkauan internet.Kata kunci: Komunikasi politik; pemilih muda; Gen Z; Gerindra; Sidoarjo.
Copyrights © 2024