Era cyberworld telah mampu merubah gaya hidup masyarakat dalam selaga bidang termasuk bidang pendidikan dalam proses pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Adanya tren cyberworld yang sangat fleksibel tanpa keterbatasann jarak juga berdampak pada berkembangnya tren kompetisi online mahasiswa dalam rangka pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pengembangan minat dan bakat mahasiswa di era cyberworld melalui kompetisi berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan pada aspek pengamatan terhadap objek penelitian dan lebih memperhatikan pada substansi objek penelitian yang diamati. Peneliti menggunakan metode ini karena pada prinsipnya menggunakan observasi dan interview. Hasil penelitian dalam penelitian ini menemukan bahwa adanya tren kompetisi online memberikan kemudahan akses pengembangan minat dan bakat mahasiswa karena fleksibel dan visioner. Disamping itu, tren kompetisi online ini juga menyebabkan universitas saling menyusun strategi dalam mendukung pengembangan mahasiswa di era kompetisi online seperti membentuk PIC kompetisi, melibatkan organisasi mahasiswa dalam pengembangan prestasi serta adanya pemberian apresiasi bagi mahasiswa yang mampu mengukir prestasi.Kata Kunci : Cyberworld, Kompetisi Online, Minat dan Bakat
Copyrights © 2024