Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website e-buddy pada kantor sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo, (2) mengetahui apa saja saja faktor yang mempengaruhi pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada kantor sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo, (3) mengetahui Upaya pada kantor sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar berbasis website e-buddy jika mengalami kendala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi langsung, dan Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data dan verifikasi data. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem informasi manajemen menurut stoner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang dilakukan oleh pihak pada kantor sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo telah memenuhi standart SOP dari Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2018 yang membahas mengenai surat menyurat pada Kabupaten Sidoarjo. Namun pihak pada kantor sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo menemui beberapa kendala dalam pengelolaan surat yakni pada listrik, jaringan internet, dan sumber daya manusia. Namun pihak pada kantor sekretariat DPRD Kabupaten Sidoarjo telah melakukan upaya dalam menangani masalah tersebut yakni pelatihan pegawai dan penambahan peralatan serta perlengkapan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024