Perkembangan teknologi dan internet telah mendorong transformasi besar dalam industri perdagangan, termasuk di Indonesia. Sejak beberapa tahun terakhir, e-commerce telah menjadi salah satu sektor paling dinamis dan berkembang pesat, memberikan peluang baru bagi para pelaku usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Affiliate marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang signifikan dalam industri e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran program affiliate marketing terhadap minat beli konsumen pada platform e-commerce melalui metode tinjauan literatur sistemik. Affiliate marketing, sebagai salah satu strategi pemasaran digital yang semakin populer, melibatkan pihak ketiga yang mempromosikan produk untuk mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dihasilkan. Tinjauan literatur ini mengumpulkan dan menganalisis 15 artikel yang telah dipublikasikan dan yang mengandung kata kunci program affiliate, minat beli di e-commerce, dan platform e-commerce yang terbit pada rentang tahun 2019 sampai 2024. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur pemasaran digital dan menawarkan wawasan praktis bagi penjual dalam meningkatkan minat beli di e-commerce. Penelitian ini menemukan bahwa metode penelitian yang banyak digunakan untuk menganalisis data peran program affiliate terhadap minat beli pada platform e-commerce ialah metode kuantitafif dan para affiliasi harus memprioritaskan kualitas foto produk saat melakukan promosi.
Copyrights © 2024