Pengaruh konseling kelompok pendekatan client centered terhaadap disiplin belajar siswa kelas VIII A Mts Nurul Islam Silo Tahun Ajaran 2024.Tujuan untuk meningktkan disiplin belajar siswa Di Mts Nurul Islam Silo kelas VIII A melalui pemberian konseling kelompok pendekatan client centered,dengan responden yang di teliti 8 siswa dari 20 siswa yang diambil secara secara purposive sampling.Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis Pre Eksperimental dan desain yang digunakan One Group Pretest Posttest Design. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Asymp Sig. (2-tailed) bernilai 0.012, sehingga menunjukkan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,012<0.05. Setelah dilihat pada dasar pengambilan keputusan data ordinal (skala berkategori) dan saling berhubungan dengan taraf signifikansi (a) yang ditetapkan sebesar 5% maka hipotesis diterima. Hasil dari penelitian ini "Tidak ada pengaruh konseling kelompok pendekatan client centered terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII Mts Nurul Islam Silo,Tahun ajaran 2024." ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (ha) yakni "Ada pengaruh konseling kelompok pendekatan client centered terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII A Mts Nurul Islam Silo Tahun ajaran 2024 " diterima.
Copyrights © 2024