Perkembangan industri makanan dan minuman (FnB) di Indonesia, khususnya kedai kopi, menunjukkan pertumbuhan yang pesat, menggambarkan dinamisme dan responsif terhadap perubahan preferensi pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan owner Bawana Kopi dalam menghadapi persaingan bisnis di Yogyakarta. Dengan menerapkan desain studi kasus dan metode kualitatif, penelitian ini menggali bagaimana kepemimpinan tim dan strategi pemasaran yang gunakan untuk memperkuat loyalitas dan meningkatkan daya saing dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Tahapan penelitian meliputi, pengumpulan data melalui wawancara dengan owner Bawana Kopi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan owner Bawana Kopi adalah demokratis, ditandai dengan melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, memposisikan diri sebagai bagian dari tim atau karyawan dan dapat bersikap tegas, walau memiliki keputusan sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk berkontribusi pada kepemimpinan dan pemasaran dalam konteks bisnis FnB dan memberikan wawasan praktis untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif.
Copyrights © 2024