Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-confidence (kepercayaan diri) dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran tahun 2022, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. Purposive sampling digunakan untuk memilih 85 siswa untuk penelitian ini, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya digunakan untuk mengumpulkan data, dan perangkat lunak Jeffreys's Amazing Statistics Program (JASP) digunakan untuk analisis. Sebelum analisis utama dilakukan, data telah melewati uji prasyarat, data terdistribusi secara normal, tidak ada masalah multikolinearitas, dan tidak ada tanda-tanda heteroskedastisitas, menurut hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-confidence (kepercayaan diri) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selain itu, pola asuh orang tua juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Secara simultan, self-confidence (kepercayaan diri) dan pola asuh orang tua memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan self-confidence (kepercayaan diri) serta pola asuh orang tua yang mendukung untuk dapat meningkatkan hasil prestasi belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024