Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sebaya terhadap motivasi belajar siswa. Studi dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui metode survei eksplanasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 8 (A) di SMP Negeri 1 Natar dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas, yang menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa lingkungan sebaya yang mendukung dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peran lingkungan sebaya dalam proses belajar siswa, khususnya pada fase perkembangan remaja.
Copyrights © 2024