Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling
Vol. 9 No. 3 (2025): Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling

UPAYA PENINGKATAN KESADARAN CYBERBULLYING MELALUI WEBINAR PSIKOEDUKASI PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI BEKASI

Aura Nasywa Alifia (Unknown)
Ghina Ulayya Hidayat (Unknown)
Keisya Putri (Unknown)
Layla Jasmine S (Unknown)
Sasky Mulia Dewi (Unknown)
Rijal Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman pengguna media sosial di Bekasi tentang bahaya dan dampak cyberbullying. Fokus penelitian ini adalah mencari tahu apa saja penyebab, dampak, dan cara mencegah cyberbullying yang sesuai dengan kondisi di Bekasi. Intervensi dilakukan dengan memberikan edukasi melalui webinar daring. Dalam webinar tersebut, peserta diberikan materi tentang definisi, bentuk, dampak, dan cara mencegah cyberbullying. Sebanyak 11 orang yang aktif menggunakan media sosial menjadi peserta penelitian ini. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test yang diberikan sebelum dan sesudah webinar, serta melalui observasi terhadap peserta selama kegiatan berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan peserta tentang cyberbullying meningkat secara signifikan setelah mengikuti webinar. Peserta bisa mengenali berbagai bentuk cyberbullying, memahami perbedaannya dengan bullying biasa, dan merancang langkah-langkah untuk mencegahnya. Temuan ini membuktikan bahwa metode psikoedukasi melalui webinar sangat efektif untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran masyarakat tentang cyberbullying. Penelitian ini juga menyoroti bahwa masyarakat Bekasi masih memiliki pemahaman yang terbatas mengenai pola, dampak, dan faktor-faktor yang memicu cyberbullying.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

liberosis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Veterinary Other

Description

Jurnal psikologi adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada berbagai aspek dan penelitian dalam bidang psikologi. Jurnal ini merupakan saluran penting bagi para peneliti, ilmuwan, profesional, dan mahasiswa psikologi untuk membagikan temuan mereka, menyajikan data empiris, dan berkontribusi pada ...