DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora
Vol 11 No 2 (2024): Oktober

Pandangan Pendidikan Islam terhadap Teori Belajar Behavioristik

Toriqularif, Muhammad (Unknown)
Bangsa, Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pandangan Pendidikan Agama Islam terhadap Teori belajar Behavioristik. Teori belajar Behavioristik yang dimuat pada penelitian ini adalah teori belajar Behavioristik menurut pandangan dari para ahli, yaitu Ivan Pavlov, Edward Lee Thorndike, B. F. Skinnner, dan teori belajar Behavioristik menurut pandangan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa kajian pustaka (library research). Untuk Teknik pengolahan data dengan cara pengumpulan literatur berdasarkan masalah yang diteliti, kemudian mengadakan penelaahan serta penelitian secara langsung berbagai bahan pustaka yang menerangkan tentang materi-materi atau topik yang berhubungan dengan masalah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya relevansi antara teori belajar behavioristik dengan konsep Pendidikan Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dar

Publisher

Subject

Education Other

Description

DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Terbit pada bulan April dan Oktober setiap tahun. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora memuat kajian-kajian ilmiah tentang pemikiran ...