Jurnal Visi Komunikasi
Vol 23, No 02 (2024): November 2024

STRATEGI E-BRANDING DALAM MENINGKATAN BRAND AWARENESS PRODUK UMKM KAMPUNG DADAP KOTA TANGERANG SELATAN

Octory, Gadis (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Dalam era globalisasi dan transformasi digital yang berkembang pesat, UMKM perlu mengadopsi strategi baru, termasuk e-branding, untuk tetap kompetitif. Kampung Dadap di Kota Tangerang Selatan merupakan contoh daerah dengan potensi UMKM yang beragam, didukung oleh warisan budaya dan keterampilan kewirausahaan yang kaya. E-branding memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan produk dan layanannya secara digital. Namun, dampak strategi e-branding terhadap kesadaran merek di kalangan UMKM, terutama di sektor kerajinan di Kampung Dadap, belum diteliti secara mendalam.Studi kasus UMKM di Desa Dadap bertujuan untuk menggambarkan penerapan dan efektivitas strategi e-branding dalam meningkatkan kesadaran merek lokal. Melalui pemahaman tantangan dan pengalaman UMKM di Desa Dadap, penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi peluang pengembangan strategi e-branding yang lebih efektif. Hasil penelitian memberikan informasi berharga bagi pemangku kepentingan UMKM, peneliti, dan perusahaan dalam mengoptimalkan potensi ekonomi lokal serta meningkatkan daya saing usaha di era digital.Selain itu, penelitian ini mengkaji bagaimana teknologi informasi, seperti aplikasi seluler atau platform online, dapat mendukung e-branding dan pemberdayaan masyarakat. Dengan fokus pada pemberdayaan pelaku UMKM, diharapkan dapat memperbaiki kualitas ekonomi individu dan keluarga, serta meningkatkan pendapatan per kapita wilayah. Penelitian ini mengeksplorasi potensi budaya lokal, seperti kuliner khas dan tempat wisata, yang dapat meningkatkan perhatian masyarakat luas terhadap keunikan wilayah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

viskom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN: 1412-3037 | e-ISSN: 2581-2335] has been published since 2007 byFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi is a bi-annual journal issued on May and November. It consists of research-based articles and /or conceptual ...