Penelitian ini didorong oleh masalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, yang berdampak pada nilai akademik mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa di mata pelajaran matematika pada kelas VIII di SMP Swasta Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Bunga Mawar, dan teknik pengumpulan data melibatkan angket prestasi belajar, tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari enam indikator prestasi belajar, semuanya termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata persentase 52,80%. Berdasarkan data angket dari 30 siswa, prestasi belajar dikategorikan menjadi dua tingkat: 1) prestasi belajar rendah dengan persentase 63,33% (19 siswa) dan 2) prestasi belajar sedang dengan persentase 36,67% (11 siswa). Selain itu, analisis hasil pembelajaran siswa mengungkapkan rata-rata pencapaian belajar sebesar 60,06, yang termasuk dalam kategori rendah. Kata Kunci: Analisis, Prestasi Belajar, Faktor-Faktor
Copyrights © 2024