J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2024): J-PiMat

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika

Telaumbanua, Grace Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini didorong oleh masalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, yang berdampak pada nilai akademik mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa di mata pelajaran matematika pada kelas VIII di SMP Swasta Bunga Mawar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Bunga Mawar, dan teknik pengumpulan data melibatkan angket prestasi belajar, tes hasil belajar, serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari enam indikator prestasi belajar, semuanya termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata persentase 52,80%. Berdasarkan data angket dari 30 siswa, prestasi belajar dikategorikan menjadi dua tingkat: 1) prestasi belajar rendah dengan persentase 63,33% (19 siswa) dan 2) prestasi belajar sedang dengan persentase 36,67% (11 siswa). Selain itu, analisis hasil pembelajaran siswa mengungkapkan rata-rata pencapaian belajar sebesar 60,06, yang termasuk dalam kategori rendah. Kata Kunci: Analisis, Prestasi Belajar, Faktor-Faktor

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...