Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Lotu, ditemukan masalah yaitu (1) penggunaan strategi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan (2) Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMA Negeri 1 Lotu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen design). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lotu dan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 2 dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Dan instrumen penelitian berbentuk soal uraian kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis satu pihak, diperoleh thitung sebesar 9,727 dan ttabel sebesar 1,684. Karena thitung = 9,727 ttabel = 1,684., maka tolak H0 dan terima Ha yang berarti : Ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Negeri 1 Lotu. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kreatif matematis
Copyrights © 2024