Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih tergolong rendah, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, siswa merasa gugup ketika diberikan kesempatan memberikan pertanyaan, dan metode pengajaran lebih banyak menggunakan metode pembelajaran langsung tanpa memperhatikan emosional secara komprehensif dengan mempertimbangkan aspek efektif, kognitif dan psikomotor siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh Scientific Approch terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-a dan VIII-b di SMP Negeri 3 Gunungsitoli dengan jumlah siswa sebanyak 61 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian komparatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: (1) Tes Awal; (2) Tes Akhir. Topik materi pelajaran adalah Segitiga dan Segiempat. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh Scientific Approach terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran. Untuk mengetahui pengaruh Scientific Approach ini melakukan uji statistic nonparametric dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan meningkatkan pemahman konsep matematis siswa yang menerapkan Scientific Approach. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, guru dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam pengajaran di kelas sehingga dapat menigkatkan kemampuam menghitung matematis siswa. Kata Kunci: Scientific Approach, Kemampuan Pemahaman Konsep
Copyrights © 2024