Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar pendamping untuk memahami materi yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear di SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linear. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar praktikalitas dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas LKPD berbasis problem based learning, diperoleh hasil validitas sebesar 86,84% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas yang diujikan kepada guru mata pelajaran matematika sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis dan nilai akhir praktikalitas dengan siswa sebesar 89,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linear dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear
Copyrights © 2024