J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2024): J-PiMat

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Muliyana, Dewi (Unknown)
Murni, Atma (Unknown)
Saragih, Sehatta (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa disebabkan kurang tersedianya bahan ajar yang dapat dijadikan wahana untuk melatih KPMM siswa. Salah satu solusi untuk meminimalisir masalah tersebut dengan memfasilitasi siswa dengan bahan ajar berbasis masalah kontekstual. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam peningkatan KPMM siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen yang digunakaan berupa lembar validasi, angket respon siswa dan soal tes KPMM. Berdasarkan hasil analisis data pada bahan ajar bahwa rataan validitas  91,20% kategori sangat valid, angket respon siswa diperoleh 90,78% kategori sangat praktis. Hasil tes KPMM siswa memperlihatkan bahwa presentase ketuntasan mencapai 90% dengan rataan kelas eksperimen sebesar 90.30 dan kelas control 81.00. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan KPMM. Hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa produk bahan ajar layak dijadikan sebagai sarana dalam memfasilitasi aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan KPMM nya. Kata Kunci: Bahan ajar berbasis masalah kontekstual, barisan dan deret, KPMM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...