Latar belakang penelitian ini yaitu belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) siswa disebabkan kurang tersedianya bahan ajar yang dapat dijadikan wahana untuk melatih KPMM siswa. Salah satu solusi untuk meminimalisir masalah tersebut dengan memfasilitasi siswa dengan bahan ajar berbasis masalah kontekstual. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam peningkatan KPMM siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen yang digunakaan berupa lembar validasi, angket respon siswa dan soal tes KPMM. Berdasarkan hasil analisis data pada bahan ajar bahwa rataan validitas 91,20% kategori sangat valid, angket respon siswa diperoleh 90,78% kategori sangat praktis. Hasil tes KPMM siswa memperlihatkan bahwa presentase ketuntasan mencapai 90% dengan rataan kelas eksperimen sebesar 90.30 dan kelas control 81.00. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan oleh siswa untuk meningkatkan KPMM. Hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa produk bahan ajar layak dijadikan sebagai sarana dalam memfasilitasi aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan KPMM nya. Kata Kunci: Bahan ajar berbasis masalah kontekstual, barisan dan deret, KPMM
Copyrights © 2024