Proses pembelajaran matematika tidak lepas dari peran seorang guru dan siswa. Guru sebagai fasilitator dituntut untuk memanfaatkan teknologi dan mengembangkan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media MathCard dalam meningkatkan keterampilan matematika siswa SD. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan desain pra-eksperimen menggunakan pola one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDMT, sedangkan Teknik untuk pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu siswa kelas IV Al Bayan (kelas eksperimen) dan Al Furqon (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan nilai signifikansi (Sig.) sampel nilai posttest pada kelas kontrol dan eksperimen yang lebih kecil dari taraf signifikansi (Sig. = 0.00), maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian memiliki varian yang sama. Selanjutnya, pada kelas kontrol (konvensional) diperoleh persentase skor N-Gain sebesar 44.7460% sedangkan untuk kelas eksperimen (game based learning) diperoleh persentase N-Gain sebesar 76.287%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran game based learning menggunakan media MathCard lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan matematika dibandingkan metode konvensional. Kata Kunci: Efektivitas, MathCard, Matematika
Copyrights © 2024