J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2024): J-PiMat

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kurikulum Merdeka

Khusna, Rizka Walida (Unknown)
Hidayat, Amam Taufiq (Unknown)
Muliana, Muliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Rendahnya kemampuam literasi numerasi peserta didik yang diakibatkan oleh banyak faktor, model pembelajaran yang berfokus pada guru adalah salah satu penyebabnya, sehingga peserta didik kurang dituntut dalam membaca. Oleh karena hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang menitikberatkan kepada peserta didik dan dapat mendorong peserta didik dalam membaca, salah satunya yaitu model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik di Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berjeniskan penelitian Quasi Experiment  dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan kelas yang terpilih yaitu kelas X-1 dan X-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest  kemampuan literasi numerasi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji non parametrik, dimana uji yang digunakan yaitu uji mann-whitney U test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest kemampuan literasi numerasi peserta didik, didapat asymp sig 0,028. Berdasarkan kriteria uji hipotesis data, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan literasi numerais peserta didik pada Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: RADEC, Literasi Numerasi, Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...