J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2024): J-PiMat

ANALISIS KESALAHAN DENGAN TAHAPAN NEWMAN BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER MATERI SPLTV

susilawati, susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan tahapan Newman, serta mempertimbangkan pengaruh tipe kepribadian menurut Florence Littauer terhadap kesalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari siswa kelas SMA Mujahidin Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dapat dikategorikan berdasarkan lima tahapan Newman, yaitu membaca, memahami, mengubah, menyelesaikan, dan menuliskan jawaban. Selain itu, analisis juga mengungkapkan hubungan antara tipe kepribadian siswa dan jenis kesalahan yang terjadi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan siswa dengan merancang intervensi yang lebih tepat dan adaptif.  Kata Kunci: analisis kesalahan, tahapan Newman, tipe kepribadian, Florence Littauer, SPLTV

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...