Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan tahapan Newman, serta mempertimbangkan pengaruh tipe kepribadian menurut Florence Littauer terhadap kesalahan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari siswa kelas SMA Mujahidin Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dapat dikategorikan berdasarkan lima tahapan Newman, yaitu membaca, memahami, mengubah, menyelesaikan, dan menuliskan jawaban. Selain itu, analisis juga mengungkapkan hubungan antara tipe kepribadian siswa dan jenis kesalahan yang terjadi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif sesuai dengan kebutuhan siswa dengan merancang intervensi yang lebih tepat dan adaptif. Kata Kunci: analisis kesalahan, tahapan Newman, tipe kepribadian, Florence Littauer, SPLTV
Copyrights © 2024