Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 14 No 2 (2024): Oktober 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR

Dewi Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas IX SMPT IT Darussalam Kikim Barat dengan menerapkan metode pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A untuk kelas PTK, kelas eksperimen IX B, dan kelas kontrol IX C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI kelas IX SMP IT Darussalam Kikim Bara

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diadik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini memuat hasil penelitian maupun kajian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi ...