Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran hijau dijadikan sebagai model bisnis berkelanjutan. Model pemasaran hijau yang dianalisis mengacu pada model bauran pemasaran yang terdiri dari 4P; produk, harga, promosi, dan tempat/lokasi. Dikatakan model pemasaran hijau dalam bisnis berkelanjutan adalah model pemasaran peduli lingkungan. Model pemasaran hijau bertujuan untuk menarik konsumen menjadi peduli terhadap lingkungan. Dengan memasukkan unsur lingkungan maka konsekuensi pada harga produk menjadi lebih tinggi dari produk biasa. Bagi konsumen yang peduli lingkungan, harga suatu produk lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk yang diproduksi kurang peduli lingkungan tidak menjadi beban untuk membelinya. Model pemasaran hijau menjadi tantangan bagi produsen karena kurangnya kesadaran konsumen pada lingkungan. Tantangan adalah peluang, semakin besar tantangan maka semakin besar peluang. Terciptanya permintaan terhadap produk ramah lingkungan merupakan segmen baru yang berpotensi untuk terus dikembangkan. pembekalan pengetahuan pada konsumen tentang kelebihan menggunakan produk hijau perlu ditingkatkan oleh berbagai pihak, perusahaan swasta, pemerintah guna meningkatkan kestabilan lingkungan.
Copyrights © 2024