Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa rendah. Disini peneliti menggunakan komponen-komponen rancangan pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 12 Kampung Melayu Kecamatan Ampek Nagari Kab. Agam.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari II siklus 2 kali pertemuan dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan komponen-komponen rancangan pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di kelas VI SD Negeri 12 Kampung Melayu Kecamatan Ampek Nagari Kab. Agam. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 21 orang.Hasil penelitian menunjukan siklus I bahwa rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yaitu 66,19. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa diperoleh 80, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian terungkap bahwa penggunaan komponen-komponen rancangan pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar metematika pada siswa kelas VI SD Negeri 12 Kampung Melayu Kecamatan Ampek Nagari Kab. Agam.
Copyrights © 2015