Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya tingkat literasi siswa kelas 5 SD di lokasi studi kasus, yang selama ini masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan buku sebagai satu-satunya media utama dalam memahami materi. Berdasarkan survei yang dilakukan, ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih memiliki tingkat litersi yang cukup rendah, sehingga diperlukan media pembelajaran alternatif yang lebih interaktif dan menarik. Untuk itu, penulis mengembangkan game edukasi 3D khususnya tentang mengenalkan ekosistem darat dengan rantai makanan yang ada menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Hasil uji coba terhadap 28 siswa sebagai responden dengan menunjukan bahwa game yang dikembangkan mampu membantu dan meningkatkan kepuasan belajar, dengan 53,6% siswa merasa sangat puas dengan game secara keseluruhan, 57,1% puas dengan tampulan pada game, dan 57,1% menilai penyampaian materi sangat memuaskan. Selain itu 67,9% siswa menganggap game tersebut telah mengejarkan mereka banyak tentang ekosistem darat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini berhasil mencapai tujuan pembelajaran dan memberikan pengalaman menyenangkan.
Copyrights © 2024