Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna aplikasi Shopee menggunakan metode Heart Framework, mengingat tingginya penggunaan platform ini di kalangan pengguna berusia 18-34 tahun di Jakarta. Meskipun Shopee menjadi salah satu aplikasi e-commerce paling populer, pengguna masih sering mengalami beberapa masalah, seperti waktu pemuatan aplikasi yang lambat, kesulitan dalam mencari produk yang diinginkan, serta ketidakpuasan terhadap kualitas produk yang terkadang tidak sesuai dengan deskripsi. Masalah-masalah ini dapat memengaruhi tingkat kepuasan dan loyalitas pengguna dalam jangka panjang. Dengan pendekatan Heart Framework yang mencakup variabel Happiness, Engagement, Adoption, Retention, dan Task Success, serta tambahan User Satisfaction, penelitian ini melibatkan 100 pengguna aktif Shopee untuk mengevaluasi pengalaman mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat Happiness, Adoption, Retention, Task Success, dan User Satisfaction berada pada kategori "Sangat Baik," dengan skor masing-masing 83%, 84,7%, 82,2%, 85,2%, dan 84,4%, sementara Engagement berada pada kategori "Baik" dengan skor 74,4%. Level of Usability aplikasi Shopee secara keseluruhan mencapai 82,3%, termasuk dalam kategori "Sangat Baik," yang mencerminkan kepuasan pengguna secara umum terhadap aplikasi ini
Copyrights © 2025