Jurnal Pelangi
Vol 8, No 1 (2015)

PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I SD

Hayati, Welna (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2017

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran tematik dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas I masih menggunakan pendekatan yang lama dimana siswa menerima saja materi pelajaran tanpa menemukan sendiri sehingga mengakibatkan siswa pasif dan tidak serius dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan Pendekatan Tematik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas I SD Negeri 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sederhana. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes. Sumber data adalah proses pelaksanaan Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Kelas I SD Negeri 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan data kualitatif dan kuantitatif, menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa 72.6 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78.8.

Copyrights © 2015