Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 4 No. 2 (2024): Biology and Education Journal

Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Menggunakan Pendekatan Analogi dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP Madani Makassar

Kurnianti, Adha (Unknown)
Arif, Arwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analogi dapat meningkatkkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP MADANI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengkaji penggunaan model pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analog. Untuk mendapatkan data-data dalam penelitian ini diperlukan lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analog memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I nilai ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 36,52% dan hasil siswanya 30,89% meningkat pada siklus II dengan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,04% dan hasil belajar siswanya 88,23%. menurun pada siklus II dengan rata-rata 11,77%. Penggunaan model pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analogi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP MADANI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...