Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 4 No. 2 (2024): Biology and Education Journal

Deeptalking dengan Guru: Pengalaman Mengajar Guru Biologi di SMA Negeri 2 Siak Hulu dan SMA Negeri 3 Siak Hulu terhadap Penggunaan Model Pembelajaran dan Bahan Ajar

Safitri, Linda (Unknown)
Hidayati, Nurkhairo (Unknown)
Kalsum, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman guru dalam merancang pembelajaran, khususnya terkait model pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan di kelas. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Siak Hulu dan SMA Negeri 3 Siak Hulu pada Oktober 2024. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dan  kualitatif (mix method) serta  pendekatan analisis fenomenologi interpretatif (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Siak Hulu didapat hasil lembar observasi 70% (baik), lembar pemahaman materi 47,7% (kurang memahami), dan angket kebutuhan bahan ajar e-modul 79,9% (sangat butuh) begitupun di SMA Negeri 3 Siak Hulu didapat hasil lembar observasi 70% (baik), lembar pemahaman materi 48,4% (kurang memahami), dan angket kebutuhan 81,2% (sangat butuh). Hasil wawancara mengungkapkan bahwa pengalaman guru dalam menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sudah baik dan terstruktur, serta penggunaan model dipadukan dengan pendekata Saintifik yang sesuai dengan karakter peserta didik sehingga mampu meningkatkan keaktifan belajar serta menambah pemahaman literasi sains. Guru menganggap pengembangan e-modul dapat sangat membantu dalam proses pembelajaran di sekolah dan mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...