Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui ketersediaan modul, serta pandangan siswa dan guru terhadap bahan ajar yang digunakan selama ini di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 100 siswa SMP dan 2 orang guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang siswa secara keseluruhan rata-rata persentasenya sebesar 80,46% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari sudut pandang guru secara keseluruhan rata-rata persentasenya sebesar 77,07% dengan kategori baik, Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat adanya kesamaan sudut pandang terhadap siswa dan guru. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian yang telah dilakukan, mereka menyatakan bahwa perlu adanya pengembangan berkelanjutan terkait dengan bahan ajar yang digunakan disekolah.
Copyrights © 2024