Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 4 No. 2 (2024): Biology and Education Journal

Potensi Pengembangan Materi Modul Sains-Biologi Berbasis Scientific untuk Kelas VIII: Gambaran Umum dari Perspektif Siswa dan Guru

Nurani, Fitri (Unknown)
Hidayati, Nurkhairo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui ketersediaan modul, serta pandangan siswa dan guru terhadap bahan ajar yang digunakan selama ini di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 100 siswa SMP dan 2 orang guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang siswa secara keseluruhan rata-rata persentasenya sebesar 80,46% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari sudut pandang guru secara keseluruhan rata-rata persentasenya sebesar 77,07% dengan kategori baik, Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat adanya kesamaan sudut pandang terhadap siswa dan guru. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian yang telah dilakukan, mereka menyatakan bahwa perlu adanya pengembangan berkelanjutan terkait dengan bahan ajar yang digunakan disekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...